Susah Tidur? Ini 5 Cara Mengatasinya

Senin, 23 Maret 2020 - 22:30 WIB
Susah Tidur? Ini 5 Cara...
Susah Tidur? Ini 5 Cara Mengatasinya
A A A
JAKARTA - Tidur sangat dibutuhkan semua orang untuk mengisi kembali tenaganya setelah beraktivitas seharian. Tidur dapat membantu seseorang menjadi lebih segar.

Tidur yang cukup dapat memengaruhi kesehatan, berat badan, mood, dan bahkan kehidupan seksual seseorang. Namun, bagaimana jika kita kesulitan tidur padahal tidur itu penting? Berikut ini lima cara mengatasi kesulitan tidur, seperti dikutip dari laman The Guardian.

1. Kurangi main gadget dan membaca berita.
Konsultan mengenai persoalan tidur, Maryanne Taylor, mengatakan bahwa menghentikan penggunaan ponsel bisa menjadi kunci untuk tidur nyenyak. Selain itu, membaca terlalu banyak berita juga dapat menimbulkan rasa kewalahan dan mengganggu proses tidur. Nyatanya, membaca berita sebelum tidur dapat menyebabkan lonjakan adrenalin yang akan menghambat tidur.

2. Kosongkan pikiran.

Terapis tidur, Katie Fischer, menyarankan jika Anda menonton TV di malam hari, hal itu dapat membuat pikiran cemas. Lebih baik luangkan waktu Anda untuk menulis dengan tangan guna menjernihkan pikiran. Pikiran, kecemasan, dan kekhawatiran dapat Anda turunkan di atas kertas. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara praktik menulis dengan pengurangan kekhawatiran.

3. Siapkan tempat tidur yang nyaman.
Jika Anda kesulitan tidur atau sering terbangun di malam hari, jangan berbaring lama di tempat yang sama. Maryanne Taylor menyarankan agar tempat Anda tidur berpindah ke ruangan lain bersama buku, podcast, atau musik yang menenangkan. Dan, jangan letakkan televisi maupun ponsel di sana.

4. Atur Pernapasan.
Katie Fischer mengatakan, pernapasan perut dapat meringankan gejala kecemasan seperti pikiran sibuk, otot tegang, detak jantung yang lebih cepat, atau pernapasan yang pendek. Anda dapat berbaring telentang dengan satu tangan di atas perut dan satu tangan di area hati, kemudian rilekskan tubuh Anda serta tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama empat hingga enam hitungan. Saat paru-paru Anda terasa penuh, diam sejenak, lalu buang napas melalui hidung dengan gerakan panjang dan halus. Ulangi ini selama lima hingga 10 menit atau sampai Anda merasa siap untuk tidur.

5. Isi Hari Anda.
Hambatan terbesar untuk tidur adalah stres yang tak ada habis-habisnya dari kehidupan sehari-hari. Menyusun hari-hari Anda dengan rutinitas bangun, bersantai, dan waktu rutin untuk bekerja, makan, serta berolahraga akan membantu Anda tetap fokus sekaligus mengurangi kesulitan tidur. (deslita krissanta sibuea)
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)